Pendaftaran CPNS 2009 Pemprov SulSel via Website

Makassar, Terobosan baru kembali diambil Pemprov Sulsel dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2009 Pemprov Sulsel yang akan digelar akhir Oktober mendatang. Pendaftaran peserta wajib dilakukan via website milik Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Tahapan pendaftaran via website tersebut dilakukan untuk memperoleh nomor registrasi untuk berkas lamaran yang akan dikirimkan ke BKD Sulsel.Tanpa nomor registrasi tersebut, berkas pendaftaran dipastikan tidak memenuhi syarat dan ditolak bagian kepegawaian. Kepala BKD Sulsel Andi Murny Amien Situru mengatakan, hanya pendaftar yang memenuhi syarat dapat memperoleh nomor registrasi melalui website. Syarat yang dimaksud yakni kesesuaian strata pendidikan dengan jurusan yang dipilih dan akreditasi ijazah.

Nomor registrasi yang diperoleh pendaftar dari website, wajib ditempelkan pada amplop luar berkas pendaftaran. Jika tidak ada nomor regsitrasi tersebut, jangan harap berkas tersebut diterima,” tegas Andi Murny kepada SI di ruang kerjanya,kemarin Serupa dengan pendaftaran CPNS 2008, Pemprov Sulsel kembali tidak mensyaratkan kartu tanda penduduk. Berkas lamaran cukup diisi dengan surat lamaran dan fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir. Persyaratan lain yang mesti dipenuhi khususnya pelamar perempuan yakni tidak berstatus istri kedua.Syarat tersebut merupakan penjabaran aturan yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Nasional.
Berdasarkan pengalaman penerimaan CPNS 2008, banyak pelamar berstatus istri kedua.“ Bukan berarti semua berkas yang diterima BKD via pengiriman pos sudah pasti mendapatkan nomor ujian. Jangan sampai ada berkas yang dikirimkan palsu khususnya ijazah,”tandasnya. Menurutnya, untuk tes CPNS yang kemungkinan digelar awal November, nomor ujian peserta yang memenuhi syarat sudah diterima paling lambat H-3 jadwal pelaksanaan seleksi. Pengiriman akan dilakukan via pos. Oleh karena itu, pelamar diminta untuk menyebutkan alamat jelas dan mencantumkan nomor telepon untuk memudahkan pengiriman.

”Komitmen kami dengan pos,H-3 seluruh kartu ujian sudah terdistribusi. Jika ada pelamar tidak mendapatkan nomor ujian, bisa mengkonfirmasikan apa yang kurang sehingga berkasnya tidak memenuhi syarat,”terangnya. Selain itu, Pemprov Sulsel meminta seluruh kabupaten/kota untuk tidak mensyaratkan KTP dalam seleksi CPNS di daerah masingmasing. Pasalnya,penerimaan pegawai tersebut dilakukan secara nasional dan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jika ada kebijakan khusus yang dikeluarkan, misalnya prioritas penerimaan putra daerah atau telah mengabdi minimal setahun bagi formasiguru,pemkabdimintauntuk memberikan penyampaian pada saat pengumuman penerimaan. Selain itu, pembukaan pendaftaran CPNS dipastikan dilakukan akhir Oktober mendatang. Pasalnya, proses penerimaan pegawai pada instansi vertikal telah dilaksanakan Sementara itu, BKD Makassar resmi mengantongi formasi CPNS tahun 2009. Formasi tersebut sudah termasuk dengan jenis posisi yang dibutuhkan dari tenaga yang dibutuhkan oleh Pemkot Makassar.” Saya masih berada di Jakarta.

Tapi, kami sudah menerima persetujuan formasi dari Meneg PAN RI dan tidak ada perubahan seperti yang kami usulkan,”papar Kepala BKD Makassar Sittiara yang dikonfirmasi via seluler,kemarin. Sayangnya, Sittiara masih enggan mengumumkan jenis posisi dan jurusan yang dibutuhkan dalam perekrutan CPNS tersebut.Alasannya, pihaknya menunggu jadwal resmi pembukaan pendaftaran yang ditetapkan Pemprov Sulsel.

Dia hanya menyebutkan bahwa rincian formasi yakni sebanyak 198 diperuntukkan bagi tenaga pendidik atau guru,92 orang untuk tenaga kesehatan,81 orang untuk tenaga teknis, dan sisanya sebanyak 181 diperuntukkan bagi tenaga honorer. Total formasi yang diterima Pemkot Makassar sebanyak 552 orang. ”Saya belum bisa umumkan formasinya satu per satu. Nantilah kalau sudah ada ketetapan jadwal karena ketentuannya bahwa pelaksanaan perekrutan CPNS harus dilaksanakan secara serentak dalam satu provinsi,”tegasnya.

Informasi yang dihimpun Seputar Indonesia (SI), jadwal perekrutan bisa molor akibat formasi yang diserahkan ke Meneg PAN RI sangat terlambat.Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini baru Kota Makassar dari 23 Kabupaten/ Kota yang ada di Sulsel yang sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

Pelamar PNS S2 UNM Kosong

Pelamar Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Universitas Negeri Makasar (UNM) hingga saat ini tidak ada pelamarnya. Sehingga berdasarkan surat edaran Sekretaris Jendral Pendidikan NasionalNomor: 60140/ A4/KP/2009, tanggal 5 oktober 2009 tentang perubahan kualifikasi akademik, maka formasi dosen S2 yang tidak ada pelamarnya sampai dengan tanggal 6 oktober 2009,mengalami perubahan kualifikasi akademik yaitu S2 Seni Musik dan Desain menjadi S2 Seni dan S2 Psikologi.

Pendidikan menjadi S2 Psikologi. Pendaftaran dan pengisian biodata dibuka kembali tanggal 7- 8 oktober 2009. Untuk informasi lebih lengkap dapat langsung ke bagian Kepegawaian Gedung Rektorat UNM Lantai 1. (abriandi/mulyadi abdillah/ andi amriani)

sb : makassarkota.go.id

Situsnya adalah :

http://seleksi-cpns.web.id

Artikel terkait :

Iklan

93 responses to “Pendaftaran CPNS 2009 Pemprov SulSel via Website

  1. kapan pengumuman seleksi berkas untuk pemprov sul sel

  2. Apa bisa sertifikat komputer diganti dgn ijazah bgi lulusan SMA?soalnya yang aku punya ijazah komputer D1.hei.. Jawab dong??

  3. Kira-kira ditampilkn g ya nma2 yg lulus berks dipempov

  4. kenapa ya, kok webnya pemkab atas nama saffa, kayaknya punya pribadi tuh

  5. Yth, Tim Pengadaan CPNS Pemprov Sul-Sel.
    ” Bisa nggak? yang lolos seleksi berkas di di publikasikan nomor registrasinya.

  6. kenapa pormasi D3 perawat gigi tdak ada yang ada cumuan sprg? tolong penjelasannya… apa basa jg mendaftar yg dri D3?

  7. kenapa tidak ada jurusan D3 KEPERAWATAN GIGI yang ada cuman SPRG. sdangkan D3 KEPERAWATAN ADA JG? Tolong dijelaskan jangan dibeda2kan.

  8. Ternyata banyak juga PTS yang belum terakreditasi BAN, sehingga tidak tampil list nama perguruan tinggi.

  9. ass…mau nanya..knpa daftar onlinenya ko ghini..ada beberapa yg nga bisa terisi(tdk aktif)..mohon penjelasannnya..
    Atau ada website yg lainnya untuk penerimaan CPNS nya..terimah kasih…

  10. Kalo udah mendaftar secara Online trus selanjutnya gimana???
    Di mana di dapat info selanjutnya.

  11. Tlong paniatia klo tes nti soalx hrs sesuai dg jurusan skill mereka

  12. BAGAIMANA INI BOS KNP HANYA 4 UNIVERSITAS YANG MASUK GIMANA DONG UNI PERSITAS MUHAMMADIYAH KO NGA MASUK PASTI ADA SABOTASE INI

  13. surat pernyataan bukan istri kedua pake kop suratnya pemprov kah?
    ok trims dewi

  14. maaf mas, koq td dah dibuka situs seleksi-cpns tp koq daftaran online nya g bs terbuka yah (linkx g muncul) alias g bs ngisi formx lgsg, gmn dng, bantuin yah… thx b4 bls

  15. kalo berkas dikirim dari palu boleh nggak???

  16. asslkm. sdh keluar formasi dibkd gowa ? ada jatah bwt llsan smk komputer nd?…
    mksh sblmnya saffa…

  17. asslkm. sdh keluar formasi dibkd gowa gowa? ada jatah bwt llsan smk komputer nd?…
    mksh sblmnya saffa…

  18. Wah kenapa jurusan aku kok ngak ada?…. nga butuh sekretaris yah?… sayang bgt ngak komplit bgt

  19. Knp y formasi jeneponto tdk ada dimedia cetak?