Tunjangan Profesi Guru 2010 Direalokasi ke DAU

Sedikit info buat pada pendidik tanah air…..

Pemerintah mulai tahun 2010 akan melakukan realokasi tunjangan profesi guru sebesar 8,9 persen ke dalam Dana Alokasi Umum (DAU).

“Rencana realokasi tunjangan profesi guru ke dalam DAU sejalan dengan semangat PP Nomor 41 tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Pidato Pengantar RAPBN 2010 dan Nota Keuangan di depan Rapat Paripurna Luar Biasa DPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin.

Menurut Presiden, tunjangan tersebut diberikan kepada guru dan dosen yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya, sesuai dengan kewenangannya. “Meningkatnya alokasi anggaran diharapkan kesejahteraan guru dan dosen semakin membaik, sesuai dengan harapan rakyat sehingga mutu pendidikan akan lebih tinggi lagi,” ujar Kepala Negara.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan desentralisasi fiskal, pada tahun 2010 alokasi anggaran transfer ke daerah direncanakan mencapai Rp309,8 triliun. Dari jumlah tersebut, alokasi dana perimbangan direncanakan mencapai Rp293,0 triliun, atau naik Rp7,7 triliun.

Karena itu, mulai tahun 2010 alokasi DAU dalam struktur APBN akan terdiri atas DAU murni, yang dialokasikan dengan menggunakan formula murni dan DAU tambahan untuk tunjangan profesi guru.

Di samping itu, kata Presiden, untuk melanjutkan kebijakan yang diambil pada tahun 2009 tentang penghasilan minimal golongan terendah guru sebesar Rp2,0 juta per bulan, maka dalam RAPBN 2010 masih dialokasikan dana penyesuaian berupa tambahan tunjangan kependidikan bagi guru sebesar Rp7,9 triliun

SB : www.tvone.co.id

Iklan

10 responses to “Tunjangan Profesi Guru 2010 Direalokasi ke DAU

  1. emang nasib guru dari dulu smpek skarang tetep aja slalu di anak tirikan,mo dpt tnjangan profesi hrus pnya srtifikat profesi dlu.udah dapat srtifikat,tnjangannya jga gak jlas kapan kluarnya.Cba klo kbijakanny buat anggota dewan,mis:gaji mo naik sekian persen, gak smpek hitungan bulan udah trlaksana.Kapan pendidikan di Indonesia bisa maju n brkualitas,klo kebijakan untuk gurunya aja udh stengah2 n gak jelas lagi?

  2. sangat setuju dan smoga pelaksanaannya sesuai dengan harapan. cuma kapan ya ada anggaran khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus dan kaum difabel?

  3. dengan direalokasikan tunjangan peropesi guru tersebut,kinerja guru yang akan datang akan lebih baik .
    sehingga mutu pendidikan diharapkan berkualitas dan propesional!!!

  4. Program Tunjangan profesional guru bagus sebenarnya, hanya perlu diawasi kinerjanya. Kalau perlu ada tes penjaringan dulu, baru pengumpulan portofolio, tapi tesnya di LPMP. Namanya lembaga penjamin mutu kan malu kalau mau nerima sogokan. Cuma kapan ya dibayar lagi, mau pakai biaya kuliah anak anak, he..he..

  5. joko sukastomo

    Saya sungguh mengucap banyak terima kasih kpd yth bp.Presiden yang telah berkenan mengeluarkan kebijakan untuk kemudahan dan kelancaran tunjangan guru. Semoga segera dapat terealisasi ! Guru bisa lebih bisa berkonsentrasi dalam memajukan dunia pendidikan .

  6. Sangat setuju, biar lancar tho? Iyo tho? Sedap menikmati uang tunjangan, halalan thoyibah

  7. uang lauk pauk di kutai ampai hari ini belum cair.mohon perhatiannya

  8. Mudah-mudahan dialihkannya ke DAU lebih baik lagi dibanding pada dekonsentrasi baik dari segi pelayanan maupun kelancaran