CPNS 2013 Menggunakan Sistem Canggih CAT

CPNS 2013 – Pemerintah memastikan akan membuka Lowongan CPNS 2013 sebanyak 60.000 formasi.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN) Eko Prasojo mengatakan seleksi akan dimulai Oktober 2013 mendatang.

“Seleksi ini untuk pelamar umum,” ujar Eko di Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Tak hanya itu, pada tahun ini juga kali pertama sistem perekrutan CPNS akan menggunakan sistem lebih canggih, yakni Computer Assisted Test (CAT).

Program CAT ini, jelas Eko, nantinya para peserta yang mengikuti test CPNS tersebut menerima soal secara online, kemudian yang bersangkutan langsung menjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Kemudian secara langsung, jawaban yang diberikan oleh peserta test CPNS tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana. Dengan sistem ujian yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut, setiap peserta tes CPNS akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian mereka setelah mereka selesai mengerjakan soal-soal tes tersebut.

“Diharapkan dengan sistem ini akan objektif dan menghilangkan KKN,” kata Eko.

Sistem tes seperti ini juga tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta.

“Meski tesnya tidak serentak, tapi setiap soal dijamin berbeda antarpeserta. Apalagi kita sudah punya bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal,” ujarnya.

Penerapan sistem CAT, merupakan salah satu target sembilan percepatan reformasi birokrasi untuk bidang SDM aparatur. Ada yang hal yang difokuskan dalam reformasi bidang SDM, yaitu kinerja pegawai, promosi secara terbuka, dan rekrutmen.

About these ads

Komentar ditutup.