Pembukaan Lowongan CPNS Pemprov Jatim Mulai 12 November 2010 Secara Online

Masyarakat yang ingin menjadi aparat pemerintah segera bersiap-siap. Pemprov Jatim mulai 12 November akan membuka pendaftaran untuk 283 kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Sekdaprov Jatim Rasiyo mengatakan pendaftaran CPNS akan dilaksanakan selama dua minggu, yakni 12–25 Nopember, melalui internet. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penumpukan ribuan pelamar yang menyerbu loket pendaftaran, seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

“Selain itu, dengan mendaftar lewat internet, juga menghindari terjadinya tatap muka antara calon pendaftar dengan panitia CPNS,” ujarnya, Kamis (7/10) dalam rapat koordinasi dengan pemkab/pemkot se-Jatim, di Kantor Gubernur Jl Pahlawan.

Setelah mendaftar, calon CPNS dapat mengirimkan berkas fisik syarat pendaftaran melalui pos ke Kantor Badan Kepegawaian (BKD) Pemprov, untuk diverifikasi. Proses verifikasi dilakukan selama sembilan hari. Diperkirakan 4 Desember pelaksanaan ujian atau tes akademis akan digelar. “Sekitar sepuluh hari kemudian atau 14 Desember, hasilnya tes akan diumumkan,” jelas Rasiyo.

Setelah diumumkan, pemprov, kata Rasiyo, akan langsung melaporkannya ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB). Hal itu dinilai penting, agar Surat Keputusan (SK) CPNS yang diterima dapat segera diterbitkan.

“Kami berharap per 1 Januari 2011 nanti, mereka dapat langsung bekerja,” imbuhnya.

Kepala BKD Jatim Akmal Boedianto mengatakan, selain di Jatim, pendaftaran rekrutmen CPNS juga akan digelar serentak di empat provinsi lain di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jogjakarta. Ini untuk menghindari terjadinya pendaftar ganda. Artinya, selain mendaftar di Jatim, juga mendaftar di provinsi lain. “Makanya kita terus berkoordinasi dengan provinsi lain, untuk menyesuaikan jadwal agar waktu pendaftaran dan tesnya sama. Tapi, secara informal, sudah ada kesepakatan bersama,” terangnya.

Selain empat provinsi, rekrutmen CPNS di 38 kabupaten/kota juga akan digelar serentak dan bersamaan dengan rekrutmen CPNS pemprov. Tujuannya, untuk menghindari kemungkinan meningkatnya urbanisasi dari daerah lain menjelang seleksi CPNS. “Kalau waktunya bareng, pendaftar pasti akan mengikuti di satu tempat saja. Makanya hari ini, Sekda dan Kepala BKD dari kabupaten/kota diundang untuk mengoordinasikan penjadwalan waktunya,” katanya.

Untuk itu, jika ada perubahan jadwal, maka pihaknya melalui Surat Edaran (SE) Sekdaprov akan memberitahukan kepada pemkab/pemkot yang bertanggung jwab penuh pada proses seleksi CPNS di daerah masing-masing.

Sementara itu, Pemkot Surabaya akan menyiapkan 233 formasi CPNS jalur umum, terdiri dari 105 tenaga pendidikan, 50 tenaga teknis dan sisanya tenaga kesehatan. Kuota ini di bawah pengajuan pemkot ke BKN sebanyak 476 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Pemkot Surabaya Yayuk Eko Agustin mengungkapkan, formasi ini belum final karena minggu depan direncanakan ada tambahan formasi lagi.

Selain jalur umum, tahun ini pemkot juga berencana menambah CPNS dari tenaga honorer. Dari database BKD 2005, ternyata masih 19 honorer yang kancrit alias belum diangkat bersama honorer lainnya, enam di antaranya guru.

Untuk verifikasi data ini, Senin (11/10), tim dari Jakarta yang terdiri dari Sekretaris Negara (Sekneg), Sekretaris Kabinet, BKN, Menpan dan RB, turun ke Surabaya.

“Ápakah betul mereka ini dibiayai oleh APBD, kalau dari APBN mana bukti penerimaannya, surat tugasnya mana. Dan apa betul dia mengajar di sini. Akan dicek semuanya,” katanya. nuji/uus. Ref : Surya

Artikel terkait :

  1. Penerimaan cpns jatim 2010 mundur menjadi 19 november 2010
  2. Lowongan Pemprov Jatim Tahun 2010
About these ads

111 responses to “Pembukaan Lowongan CPNS Pemprov Jatim Mulai 12 November 2010 Secara Online

  1. assalamualaikum mbak
    aku mau tanyak ,,, ni aku kan udah daftar online tapi belum tak print nomer registernya
    trus sekarang mau tak print tapi gak tau caranya mbuka nomer registerku
    gimana ya caranya

    bales cpt yaaa

  2. pendaftaran jawa timur gak online ya

  3. untuk surat keterangan sehat dr dokter n keterangan tdk pernah pakai zat psikotropika dilampirkan dilamaran atau dilengkapi setelah diterima ? tolong infonya ya.makasih :)

  4. mau tanya neh….lulusan ekonomi pembangunan apa dbutuhkan??? thx

  5. dimana bisa tahu pengumuman cpns pemkot surabaya….
    tolong bagi-bagi infonya thanks

  6. tlong kirim formasi cpns untuk kota malang dan kabupaten malang, kediri, dan jombang ya

  7. Kenapa ya lulusan SMA sekarang tidak dibutuhkan?
    Padahal lulusan SMA belum tentu kalah sama Sarjana……………….

  8. Mbak,q mau tanya, q dafar CPNS PEMKOT surabaya ini di mulai tgl 19 Nov ’10, di mlai dr jam 00.00 – 06.00 pagi tp kenapa masih tidak bisa di buka ya……….
    tolong beri penjelasanx….
    terimakasih…..

  9. Mbak,q mau tanya, q dafar CPNS PEMKOT surabaya ini di mulai tgl 19 Nov ’10, di mlai dr jam 12.00 – 06.00 pagi tp kenapa masih tidak bisa di buka ya……….
    tolong beri pernjelasanx….
    terimakasih

  10. mbak,info kualifikasi pendidikan cpns dimana ya mbak, serta cara pendaftaranya?trimakasih mohon dikirim ke email saya ya mbak.

  11. Mbak tolong info Pendaftaran cpns pemproc Jatim secara online atau bgmn…mhon blsannya thx

  12. mbak, mohon info lengkap dong pendaftaran lewat internet itu diaksesnya kemana?
    trus berkas fisik yang harus dikirim (kelengkapan&persyaratan) apa saja, serta dikirim kemana?

    makasih infonya.
    mohon kirim ke email saya ya..

  13. makasih mb saffa, saya tunggu info lengkapnya, untuk CPNS Jatim khususnya yang ada di mojokerto dan malang
    dan tentang persyaratan dan tanggal pembukaan sampai akhir pendaftarannya,,tolong di dikirimkan Email saya ya mb’

    Terima kasih sebelumnya..

  14. mbak saffa, sebenarnya kapan ya pendftaran cpns pemprov, kok msh lum jelas simpang siur neh…n apa aja persyaratannya. tks mbaak saffa

    • mulanya direncanakan 12 November, kaga tahu kenapa diundur menjadi 19 november (mungkin juga karena ada kasus mafia cpns, kali aja)
      tks

  15. leliana mutiarawati

    mohon infonya tentang website yang jelas

    terima kasih

  16. Terima kasih mbak atas infonya, maaf minta tolong alamat webnya yang jelas dan tepat, agar saya begitu membuka web tsb langsung bisa mengisi form pendaftarannya..

  17. kalaw boleh tau alamat pendaftaran onlinx di mna yach…???

  18. Mbak mo tanya lg,soalnya kmrn saya tny lom dijwb, salah satu persyaratannya apakah menggunakan IPK Min? Kartu Kuning dan SKCK?? Harusnya K.Kuning & SKCK diurus apabila sdh ada pengumuman penerimaan kan?? Makasihhh lhooo yaaaa

    • Ya itu neng farah, tiap daerah lain lain, untuk jateng misalnya ada beberapa daerah persyaratan harus disertakan saat pendaftaran. Tapi kebanyakan disertakan setelah dinyatakan diterima. Mudah-mudahan jatim seperti itu
      tks

  19. hendra setiawan

    mbak tolong saya dikirimin ke email saya tenteng info lowongan cpns jatim,kususnya malang tentang persyaratan dan tanggal pembukaan sampai akhir pendaftarannya,klo bisa yng lengkap ya,trims mbak,
    segala informasi yang anda kirim untuk saya sangat berarti bagi saya,terimaksaih dan semoga ketulusan dan amal anda di catat sebagai pahala anda amin