Daftar Gaji PNS 2010

Buat Rekan-rekan yang diterima jadi CPNS pada rekrutmen tahun 2009 kemarin, mungkin masih ada yang bertanya, berapa ya nanti gaji yang akan saya terima. Anda yang S1 sudah lumayan loo, sudah diatas UMR rata-rata daerah di Indonesia (he he tentu saja, masak PNS kalah ma orang pabrikan).

Untuk tahun 2009 gaji pokok PNS sendiri paling rendah sebesar Rp 1.040.00 untuk Golongan I a dengan masa kerja 0 tahun. Dan gaji pokok tertinggi sebesar Rp 3.400.000 bagi PNS golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun.  Rencananya ada kenaikan sekitar 5% pada tahun 2010 ini. Gaji pokok ini belum termasuk tunjangan yang diberikan kepada PNS loooo….

Berikut ini perincian detail gaji PNS dari golongan terendah ke tertinggi untuk tahun 2009 :

  • Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.040.000
  • Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 1.091.700
  • Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 16 tahun sebesar Rp 1.262.700
  • Pegawai Golongan IIa dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.320.300
  • Pegawai Golongan IIb dengan masa kerja 5 tahun sebesar Rp 1.462.300
  • Pegawai Golongan IIb dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp 1.650.800
  • Pegawai Golongan IIc dengan masa kerja 3 tahun sebesar Rp 1.487.600
  • Pegawai Golongan IIc dengan masa kerja 7 tahun sebesar Rp 1.561.600
  • Pegawai Golongan IIc dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp 1.720.700
  • Pegawai Golongan IId dengan masa kerja 3 tahun sebesar Rp 1.550.600
  • Pegawai Golongan IId dengan masa kerja 7 tahun sebesar Rp 1.627.600
  • Pegawai Golongan IId dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp Rp 1.793.400
  • Pegawai Golongan IIIa dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.655.800
  • Pegawai Golongan IIIa dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 1.738.100
  • Pegawai Golongan IIIa dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 1.869.300
  • Pegawai Golongan IVa dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.954.300
  • Pegawai Golongan IVa dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.051.400
  • Pegawai Golongan IVa dengan masa kerja 10 tahun sebear Rp 2.206.200
  • Pegawai Golongan IVa dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 2.880.800

Sementara untuk pejabat eselon I, yaitu golongan IV d dan golongan IV e

  • Golongan IV d dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.212.900
  • Golongan IV d dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.322.900
  • Golongan IV d dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 2.498.200
  • Golongan IV d dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp3.262.000
  • Golongan IV e dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.306.500
  • Golongan IV e dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.421.200
  • Golongan IV e dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 2.603.900
  • Golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 3.400.000

Lumayan kan ?.  Istilah orang2, jadi PNS memang tidak membuat kaya,  tetapi nguripi (membuat hidup lebih hidup he he memangnya lasta masta). Maka bagi Anda yang berencana menjadi PNS / CPNS tahun 2010 ini, persiapkan diri Anda sejak dini. Tentunya dengan persiapan materi dan immaterial (berdo’a dan banyak sedekah he he). Nah, tak lupa bagi anda yang benar-benar ingin menjadi PNS, ada baiknya berlatih soal sejak sekarang.

Tak usah jauh-jauh ikutan jadi member di :

latihansoal

Banyak referensi soal seperti yang diujikan tahun 2009 kemarin dan tentu saja prediksi tahun 2010 juga ada. So persiapkan sejak sekarang deh.

Oh, iya untuk yang penasaran dengan tabel gaji PNS tahun 2010, silakan didownload di link berikut ini :

Artikel terkait :

  1. Tahun 2011 Gaji PNS, TNI dan Polri naik 10%
About these ads

117 responses to “Daftar Gaji PNS 2010

  1. kenaikan berikutnya kapan y

  2. table gaji 2010 sudah keluar bellum

  3. yo wis teman-teman PNS, biar aja mbak saffa yg miskin informasi ini menyalurkan kegalauannya, tak mungkin seorang saffa mampu memahami berbagai jenis kondisi pegawai dengan segudang ragam kepelikan pekerjaannya di ratusan instansi. Alhamdulillah masih bisa punya penghasilan walau harus bekerja sampai malam tanpa dibayar lembur apalagi ongkos taksi:) yang penting ikhlas dan halal.jangan terpancing ma penghasilan instansi or departemen lain yang lebih gede, Allah sudah ngatur kok gunung rejeki masing-masing. Penting ga sih dinilai ma manusia?, yg penting kan gimana kita dimata Allah.

  4. mohon bantuan tabel gaji 2010 berbentuk lampiran perpres atau pp., terimakasih
    e-mail : b-skm@yahoo.com

  5. fa….. kamu kok sok tau,
    kalo mo jadi moderator yang baik jangan kayak gtu. namanya sirik lo…
    mending kamu ngurusi kerjaan mu jangan menyalakan kompor didunia maya. bahayaaaa…..

  6. Daeng Chandra

    Kenapa sih menyamaratan pns semua malas,gaji gede,tunjangan ini itu,dll? Tdk semua begitu ko..kalaupun ada yg tdk disiplin itu hanya oknum..saya seorg guru pns, setiap hari saya berangkat ke skolah dg iringan doa istri dan 2 anak saya..kalaupun sakit asal tdk parah saya tetap berangkat ke sekolah, krn saya tau murid2 saya selalu menunggu saya utk mentransform ilmu bagi mereka, pns atau bukan bagi saya yg terpenting saya berupaya menjalankan amanat dr negara, rakyat, org tua murid, terutama Allah. Jadi bagi anda yg tdk simpati dg pns, mohon maaf tdk semua pns spt yg anda pikirkan..

    • ya, jangan dimasukkan hati. Namanya publik kan juga banyak, ada yg meremehkan PNS ada pula yg menyanjung PNS. Tapi kan ada pepatah susu seember rusak oleh nila setitik (bener kaga?)… he he :D. Lagian media juga banyak menginformasikan PNS-2 nakal cek di tayangan seperi john pantau
      tks

  7. besar kecil gaji/ pendapatan seharusnya kita syukuri, kita kelola dengan baik. gaji menjadi berkah manakala kita tahu tentang prioritas kebutuhan kita dengan memandang kebutuhan nilai nilai yang wajar sesuai kondisi keuangan kita.
    kalo dengan gaji/pendapatan kita kecil, kita harus bagaimana? sekeras apapun kita bekerja atau menuntut kepada pemberi gaji kalo ALLAH belum memberi takaran gaji yang lebih maka akan membuat kita sering menggerutu tapi sebaliknya kadang hanya sedikit kerja gaji/pendapatan kita besar.
    bahkan ada juga yang telah memegang gaji ditanganpun bisa hilang karena memang gaji itu bukan untuk kita.
    ingat ” :
    cukup atau tidak tergantung pengelolaan kita dan usaha kita, kalo kebutuhan kita selalu berangan angan yang lebih mewah dan banyak keinginan, tanpa menganalisa kemampuan finansial kita, kita akan merasa selalu kurang, kurang dan selalu kurang.
    letak masalahnya selalu dalam diri kita sendiri yaitu kurangnya pengendalian dalam diri kita dan kesabaran kita. meskipun faktor kebutuhan yang tidak kita inginkan seringkali muncul.
    ingat “;
    gaji adalah penunjang kebutuhan sekaligus pembatas keinginan dengan segala keterbatasan perilaku kita dari Sang Pencipta’

    Lihatlah dalam dirimu jangan menilai dirimu dengan dengan besar kecilnya gajimu… tetapi lihatlah kiprahmu terhadap gaji/sebagai hasil kerjamu.

  8. mending BUMN setahun bisa 20X gajian wkwkwkwkwkw,, untuk gsji poloknya golongan IIIa masa kerja 10taon setara dengan IIa masa kerja 0 tahun di BUMN

  9. Mas Anto yang komentar No. 44,saya setuju banget,mas. Kehidupan PNS “mewah di mata orang-orang awam “.tapi kalau mereka tau yang sebenarnya, pasti mereka akan membulatkan mulut dengan huruf “Oooooooo” panjang. Gaji PNS itu Pas-pasan. Sebelum gaji naik, barang-barang kebutuhan udah keduluan naik, kadang masih tak cukup ngimbangi kenaikan harga, cuma PNS nya aja yang mesti pintar atur duitnya.kalau PNS tu mau beli mobil, rumah, tanah, atau de el-el,jangan suuzhon dulu darimana duitnya.Kebanyakan mereka itu “menggadaikan SK di Bank” untuk dapat pinjaman beli ini, beli itu.atau bisa jadi PNS itu udah ” Orang Kaya Lama”. dari nenek mereka atau orang tua mereka.Ada lagi mereka dapat penghasilan diluar gaji berupa honor yang sah, bila mereka terlibat dalam kegiatan pemerintahan.Bahkan ada juga yang tidak dapat honor, tetapi pelayanan terhadap masyarakat masih tetap berjalan.jadi jangan negative thinking ya ama PNS.masing- masing punya profesi yang berbeda.Bayangkan kalau semua masyarakat ingin jadi pengusaha semua, yang urusin kepemerintahan siapa,keamanan siapa,terutama utuk pelayanan publiknya.

  10. Dimana dapatin daftar tabel gajinya ya???

  11. Uenak Banget jadi PNS wak… Ada yang iri…??? Biar kata gaji kecil, yg penting seberapa besar kita bisa nabung perbulannya alias harus berhemat. Bak kata pepatah “Hemat Pangkal Kaya”

  12. Zailani,S.Ag MAN 3 Rantau

    Alhamdulillah naik lagi nih gajih mereka !!!

  13. halah.. halah…

    gaji PNS yang netapkan bukan pegawainya,
    pjabat2nya tuh..

  14. minta tabel daftar kenaikan gaji 2010 mbak