Jadi PNS Harus Disiplin kan?

Bagi anda yang berstatus PNS (pegawai Negeri Sipil) harus lebih hati-hati dalam bekerja. Beberapa tahun ini selalu saja ada acara sidak hari kerja PNS pasca liburan. Bahkan PNS yang ketahuan bisa dipecat loo…bahkan Pemkot  Surabaya menyiapkan Mekanisme Pemecatan Bagi PNS yang Sengaja Bolos.

Ancaman Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono untuk memecat PNS yang bolos pascalibur Lebaran langsung direspons pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya. Saat ini, pemkot sudah menyiapkan mekanisme pemecatan bagi PNS yang sengaja mangkir pada hari pertama kerja setelah libur.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Muhlas Udin menyatakan, pemecatan bagi PNS yang bolos akan mudah dilakukan. Sebab, tidak masuk kerja pada 24 September adalah pelanggaran disiplin berat.

Sesuai peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara (Men PAN), libur Lebaran hanya dibatasi 18-23 September.

Artinya, kalau ada PNS yang melanggar, itu adalah sebuah kesengajaan yang tak patut ditoleransi.

Ancaman Bambang D.H. tersebut diucapkan di sela-sela open house di kediaman dinasnya, Minggu (20/9). Pada acara tersebut, dia juga menjelaskan sistematika pemecatan tersebut (Koran Lebaran, 21/9). Di antaranya, masing-masing petugas di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pemkot harus mengabsen pegawainya. Selain itu, ada mekanisme sidak yang dipimpin asisten I dan asisten II.

Nah, menurut Muhlas, pada 24 September, pukul 07.30, sekitar 21 ribu PNS di lingkungan Pemkot Surabaya wajib menghadiri halalbihalal di Taman Surya, depan balai kota. Seluruh aparatur negara itu akan bertemu wali kota, wakil wali kota, serta anggota DPRD Surabaya. Pejabat struktural eksekutif lain, termasuk Sekkota dan empat asisten, juga akan hadir. Acara silaturahmi pascalebaran tersebut diperkirakan berlangsung 1-2 jam.

Rampung bersilaturahmi, para PNS wajib kembali ke kantor masing-masing. Wakil Wali Kota Arif Afandi dan empat asisten serta pejabat inspektorat akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke semua unit SKPD. Sidak tersebut tidak diberitahukan sebelumnya.

Namun Muhlas memberi bocoran, kunjungan itu akan dilaksanakan dua kali, yakni pagi dan sore sebelum PNS pulang kantor. ”Wali kota juga akan menyidak. Namun, sifatnya fakultatif,” tutur Muhlas ketika dihubungi Jawa Pos kemarin (21/9).

Jika dalam sidak yang dipimpin Wawali tersebut ditemukan PNS yang mangkir kerja, inspektorat akan mencatat namanya. Setelah nama dikantongi, inspektorat memanggil PNS yang membolos tersebut. Lantas, inspektorat menginterogasi PNS tersebut mengenai alasannya tidak masuk kerja. ”Izin dalam alasan apa pun tidak ditoleransi. Kecuali, izin sakit yang bisa dibuktikan oleh surat keterangan dokter,” tegas mantan kepala Dinas Kesehatan Surabaya itu.

Inspektorat lalu memberikan nama PNS yang sengaja membolos tersebut kepada wali kota. Dalam suratnya, inspektorat memberi masukan kepada wali kota tentang jenis hukuman yang cocok dijatuhkan. Hukuman minimal bagi PNS yang bolos, kata Muhlas, adalah penundaan kenaikan pangkat, sedangkan yang terberat adalah pemecatan.

Berat ringannya hukuman, jelas dia, bergantung track record PNS yang bersangkutan. Namun, karena bolos merupakan tindak disiplin kelas berat, pemkot tidak akan memperingatkan lebih dulu. ”Langsung kami hukum. Hukuman pemecatan pun bukan hal aneh. Sebab, bolos adalah pelanggaran disiplin yang paling tinggi derajatnya,” ujarnya.

Jika wali kota setuju pemecatan PNS, Badan Kepegawaian Pemkot Surabaya akan mengajukan nama-nama orang tersebut ke pemerintah pusat. Namun, PNS itu masih diberi kesempatan naik banding ke Badan Kepegawaian Negara jika tidak terima atas hukuman tersebut.

Institusi itu akan menakar apakah pemecatan PNS tersebut merupakan tindakan semena-mena atau tidak. Kalau ternyata pemecatan itu sesuai prosedur, nomor induk pegawai PNS yang bersangkutan akan dicabut. ”Prosedur itu persis dengan yang kami lakukan tahun lalu. Enam PNS dipecat karena bolos pada hari pertama kerja pascalebaran,” ungkap Muhlas. (nur/dos)

ada kaga enaknya juga jadi PNS yach..

sb : Jawapos

About these ads

Komentar ditutup.