Tahun 2010, Gaji Jenderal Naik Jadi Rp 35 Juta. Tiga lembaga jadi prioritas reformasi birokrasi pada 2010.

Hayo yang jadi polisi bersiap siap menyambut berita menggembirakan pula…..

Pemerintah berniat menaikkan gaji jenderal di kepolisian dan tentara nasional pada tahun depan menjadi sekitar Rp 30 – 40 juta.

Kenaikan take home pay itu akan diberlakukan pada 2010 seiring dengan program reformasi birokrasi pada tiga lembaga tersebut. Pemerintah lewat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) telah menyusun konsep reformasi birokrasi tersebut.

Seperti diungkapkan oleh Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Paskah Suzetta setidaknya ada tiga lembaga yang akan menjadi prioritas reformasi birokrasi. Tiga lembaga itu adalah Kepolisian, TNI, dan Kejaksaan Agung.

“Mengacu pada konsep yang disusun Kementerian PAN, gaji jenderal TNI dan Polisi sekitar Rp 30 – 40 juta,” ujar pejabat di Kementerian PAN kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 15 April 2009. Namun, dia mengungkapkan jenderal yang menerima gaji tersebut adalah yang berada di level eselon satu dan mempunyai jabatan struktur.

Dia menjelaskan di setiap institusi eselon satu terbagi dalam beberapa bagian, misalnya ada eselon IA dan IB, yakni setingkat Deputi Menteri. Untuk eselon IA, kisaran penghasilannya Rp 35 – 40 juta. Sedangkan, eselon IB sekitar Rp 30 – 35 juta.

Dirjen Perbendaharaan Departemen Keuangan, Herry Purnomo pada Jumat 27 Maret 2009 mengakui selama ini gaji para jenderal memang kecil. Jika ditambah tunjangan, seperti tunjangan anak dan tunjangan istri sebesar 2 persen. Bahkan, bagi yang punya jabatan struktural mereka mendapatkan tunjangan jabatan struktur. “Jadi, ditambah tunjangan gaji jenderal, sekitar Rp 5 – 7,5 juta per orang.”

Sejumlah mantan jenderal mengakui rendahnya gaji mereka. Seorang mantan panglima Kodam, Mayjend Purnawirawan Johny Wahab mengatakan sebagai pensiunan dia cuma menerima penghasilan Rp 2,2 juta.

Prabowo Subianto, mantan Komandan Pasukan Khusus dalam bukunya “Membangun Kembali Indonesia Raya” juga menyebutkan rendahnya pensiunan jenderal sehingga dia banting setir menjadi pengusaha.

Dalam keterangan tertulis Direktorat Jenderal Perbendaharaan Departemen Keuangan, Rabu 4 Maret 2009 disebutkan soal standar gaji baru bagi PNS, TNI dan polisi.

Jika mengacu standard gaji saat ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Gaji Anggota TNI dan Anggota Polri. Di aturan itu disebutkan gaji tertinggi adalah Rp 3,5 juta untuk pangkat Jenderal/Laksamana/Marsekal/Polisi dengan masa kerja 32 tahun atau lebih. Sedangkkan, pensiunan pokok tertinggi adalah Rp 2,6 juta untuk pensiun TNI dan Polri untuk golongan IV atau Perwira Tinggi.

SB : vivanews.com

About these ads

18 responses to “Tahun 2010, Gaji Jenderal Naik Jadi Rp 35 Juta. Tiga lembaga jadi prioritas reformasi birokrasi pada 2010.

  1. ora eneng duitnyo.

  2. gayanya jie

  3. kalau bisa pemerintah menaikan LEBIH TINGGI lagi dari yg direncanakan….hahaha

  4. buktinya mana….???
    katanya tahun 2010 gji polri naik,tpi apa blh buat toh msh sgitu2 jga…

    mna janjinya…???

  5. NGAPUSI THOK….

  6. jgn omong doang aja, mana bukti y sekarang aja belum di terima………saya perlu bukti bukan janji.

  7. tidak semua polisi kerjanya maksimal malah ada yg melenceng dr tugasnya sering memanfaatkan situasi,sering pulang malem,nongkrong di kafe,jual beli motor curian,kok g ditangkap,polisi apa’an tuch,……….kl yg kerjanya kyak gini mending dipecat aja,tp bagi polisi yg benar2 kerjanya maksimal mengayomi masyarakat pantas mendptkan gaji yang lebih karena memang kerja polisi itu berat bgt….

  8. mana buktinya,ne udah januari….

  9. kita ngak bisa langsung kasi komen , menurut saya jika gaji pns,tni dan polri dinaikan yg kenak imbas nya adalah yang bukan pns dan bukan pegusahan sebab jika gaji pns dinaikan maka harga2 sembako pasti juga akan ikut naik,nah skrng sipa cobak yang susah dan yg sengsarah….?

    • to : josua sp
      Jelas mas, yg pasti buat mbayari mereka kan pakai APBN/APBD, nah uangnya kan sebagian besar dari pajak kita. Otomatis pajak-pajak bakalan naik banyak he he…
      tks

  10. mudah mudahan benar

  11. yg Jenderal, Marsekal ataw apalah,sbenarnya mari kita renungkan semua diantara pnegak hukum dinegara RI sesuai dengan KUHAP, bahwa yang menjadi sumbu dari segala sumbu pnegakan hukum itu adalah siapa?? tentunya semua sudah tau (KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA)…sudah sepantasnya tunjangan kesejahteraan aparat Kejaksaan tersebut diutamakan.. terimakasih.

    • Diantara penegak hukum tidak ada yang lebih penting semua sama, baca donk KUHAP dengan baik. penegak hukum itu di mulai polisi, jaksa, pengadilan dan terakhir Rutan/ Lapas (criminal justic system) jadi klu diantara 4 penegak hukum ini tidak ada maka penegakan hukum tidak berjalan.misalnya kejaksaan tidak ada artinya klu Rutan/Lapas tidak ada, mau di tahan di mana tersangka tersebut..terimakasih

  12. nduts StikesMucis

    yang di omongin pejabat aja jendral? kalau anak buahnya gimana emang jendral terjun dilapangan gitu yang sangat berisiko. ah terus bagaimana dengan instansi-instansi negara dan kesejahteraan aparatur negara lainnya? harus disehatkan juga dong karena mereka juga berjasa

  13. masa iya sih ? mana buktinya ? kita perlu bukti bukan janji kaya para Capres aja janjinya bohong melulu ? kalau benar cairkan hari ini juga atau paling lambat awal agustus 2009

  14. Bsii0v comment3 ,